Subscribe in a reader

Senin, 09 November 2009

perkembangan Teknologi Televisi

TV adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata telvisi berasal dari kata tele & vision; yg mempunyai arti masing2 jauh (tele) & tampak (vision). Jadi TV berarti tampak/dapat melihat dari jarak jauh. Penemuan TV disejajarkan dgn penemuan roda, karna penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia sendiri 'TV' scara tidak formal disebut dgn TV, tivi, teve/tipi.

Televisi analog mengkodekan informasi gambar dgn memvariasikan voltase/frekuensi dari sinyal. Seluruh sistem sebelum TV digital dpt dimasukan ke analog.
Sistem yg dipergunakan dlm TV analog adalah NTSC (National Television System Committee) badan industri pembuat standar yg menciptakannya. Sistem ini sbagian besar diteraapkan di Amerika Serikat (AS) & beberapa bagian Asia Timur, sperti: China/Tiongkok, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Taiwan, Mongolia.
Sementara, sistem PAL (Phase-Alternating Line, phase alternation by line/untuk phase alternation line). Dalam bhasa Indonesia: garis alternasi fase), adalah sebuah encoding berwarna digunakan dlm sistem televisi broadcast, digunakan di seluruh dunia. PAL dikembangkan di Jerman oleh Walter Bruch, yg bekerja di Telefunken & pertama kali diperkenalkan pada 1967.
Televisi digital (bahasa Inggris: Digital Television, DTV) adalah jenis TV yg menggunakan modulasi digital & sistem kompresi untuk menyebarluaskan video, audio, dan signal data ke pesawat televisi. TV resolusi tinggi/high-definition television (HDTV), yaitu: standar TV digital internasional yg disiarkan dlm format 16:9 (TV biasa 4:3) & surround-sound 5.1 Dolby Digital. Ia memiliki resolusi yang jauh lbh tinggi dari standar lama. Penonton melihat gambar berkontur jelas, dgn warna2 matang & depth-of-field yg lebih luas daripada biasanya. HDTV memiliki jumlah pixel hingga 5 kali standar analog PAL yg digunakan di Indonesia.
Televisi kabel adalah sistem penyiaran acara TV lewat frekuensi radio melalui serat optic kabel coaxial & bukan lewat udara seperti siaran TV biasa yg harus ditangkap antena. Selain acara TV, acara radio FM, internet & telephon juga dpt disampaikan lewat kabel.
Sistem ini byk dijumpai di Amerika Utara, Eropa, Australia, Asia Timur, Amerika Selatan & Timur Tengah. Ti kabel kurang berhasil di Afrika karna kepadatan penduduk yg rendah di berbagai daerah. Sperti halnya radio, frekuensi yg berbeda digunakan untuk menyebarkan byk saluran lewat satu kabel. Sebuah kotak penerima digunakan untuk memilih satu saluran TV. Sistem TV kabel modern skarang menggunakan teknologi digital untuk menyiarkan lebih byk saluran TV daripada sistem analog.

Televisi satelit adalah TV yg dipancarkan dgn cara yg mirip sperti komunikasi satelit, serta bisa disamakan dgn TV lokal & TV kabel. Di banyak tempat di bumi ini, layanan televisi satelit menambah sinyal lokal yg kuno, menghasilkan jangkauan saluran & layanan yg lebih luas, termasuk untuk layanan berbayar.
Sinyal TV satelit pertama disiarkan dari benua Eropa ke satelit Telstar di atas Amerika Utara pada tahun 1962. Satelit komunikasi geosynchronous pertama, Syncom 2 diluncurkan tahun 1963. Komunikasi satelit komersial pertama di dunia, disebut Intelsat_I (disebut juga Early Bird), diluncurkan ke orbit pada tanggal 6 April 1965. Satelit jaringan TV nasional pertama, Orbita, dibuat di Uni Soviet pada tahun 1967. Satelit domestik Amerika Utara pertama yg memuat siaran TV adalah geostasiun Anik 1 milik Kanada yg diluncurkan pada tahun 1872.id:Satellite TV.

1 komentar:

  1. info tentang sejarah nya bagus buat artikel yang lainnya dongg
    klo sempet cek link sini juga buat kebutuhan aja internet cepat di bali

    BalasHapus